Background

Background

Silahkan klik beberapa gambar di bawah ini

  • image1
  • image2
  • image3
  • image4
  • image2
  • image1
  • image4
  • image3
Assalamualaikum Wr. Wb.
Dalam kesempatan ini, saya akan membagikan kepada Anda mengenai Bunyi Bahasa. Namun, sebelum itu saya akan sedikit menyinggung mengenai “Hakikat Bahasa”.
Dan kemudian akan saya lanjutkan penjelasan saya mengenai Bunyi Bahasa.
Bunyi Bahasa
Fonem adalah bunyi bahasa minimal yang membedakan bentuk dan makna kata. Dalam ilmu bahasa, fonem ditulis di antara dua garis miring : /…. /. Contoh dalam bahasa Indonesia yaitu fonem /b/ dan /p/. keduanya disebut fonem, karena kedua bunyi tersebut membedakan bentuk dan makna (arti). Misalnya dalam kehidupan sehari – hari.
Pola à /pola/                        Bola à /bola/
Parang à /paraÅ‹/                  Barang à /baraÅ‹/

Variasi fonem karena pengaruh lingkunagn yang dimasuki (ditinggali) dinamakan alofon. Gambar atau lambing fonem dinamakan huruf. Jadi fonem berbeda dengan huruf.

A. Bunyi Vokal dibedakan berdasarkan posisi lidah dan bentuk mulut
1.      Berdasarkan Posisi Lidah, vokal dapat bersifat vertikal, horizontal, dan pusat.
-          Vertikal,dibedakan adanya vokal tinggi, yakni bunyi /i/ dan /u/; vokal tengah, yaitu /e/dan /o/; dan vokal rendah, yaitu bunyi /a/.
-          Horizontal dibedakan adanya vocal depan, misalnya bunyi /i/ dan /e/;
-          Pusat, misalnya vokal belakang, yaitu bunyi /u/ dan /o/.
2.      Bentuk Mulut, dibedakan menjadi vocal bundar dan vocal tak bundar.
-          Vocal bundar, misalnya bunyi /o/ dan /u/.
-          Vocal tak bundar, misalnya bunyi /i/ dan /e/.
3.      Parameter Lidah yang Bergerak, fonem vokal dibedakan menjadi :
-          Fonem vokal depan, dihasilkan oleh gerakan peranan naik – turunnya lidah bagian depan, misalnya bunyi /i/, /a/, dan /e/.
-          Fonem vokal tengah, dihasilkan oleh gerakan peranan lidah bagian tengah, misalnya /é/
-          Fonem Vokal bagian belakang, dihasilkan oleh gerakan peranan turun – naiknya lidah bagian belakang / pangkal lidah, misalnya bunyi /u/, /o/
B. Diftong, yaitu dua fonem yang diucapkan sekaligus. Dalam Bahasa Indonesia dikenal ada 3 jenis diftong, yaitu /ay/, /aw/, dan /oy/. 
Contoh :          /aw/     Ã  /harimaw/   Ã  harimau
                        /ay/      Ã  /suÅ‹ay/        Ã  sungai
Tetapi bukan berarti jika dua fonem di satu tempat dalam kata itu merupakan diftong. Karena kedua huruf diftong melambangkan bunyi vocal yang tidak dapat dipisahkan.
            Seperti contoh diatas, bunyi /aw/ pada kata “harimau” adalah diftong, karena /au/ pada suku kata “-mau” tidak dapat dipisahkan (pengucapannya) menjadi “ma-u”. Itu menandakan bahwa /au/ pada kata “mau” bukan merupakan diftong.
(catatan : diftong berada di akhir sebuah kata. Dan cara mengidentifikasinya seperti di atas)
C. Konsonan, berdasarkan daerah artikulasi
1.      Konsonan Bilabial : [p] , [b] , [m] , dan [w].
Dihasilkan dengan mempertemukan kedua bibir bersama – sama.
2.      Konsonan Labiodental : [f] dan [v].
Dihasilkan dengan mempertemukan gigi atas dan bibir bawah.
3.      Konsonan Apiko – dental : [t] , [d] , dan [h].
Dihasilkan oleh ujung lidah dan daerah antar gigi (dents).
4.      Konsonan Apiko – alveolar : [s] , [z] , [r] , dan [p]
. Dihasilkan oleh ujung lidah dan lengkung kaki gigi.
5.      Konsonan Paltal : [c] , [j] , [S] , [n] , dan [y].
Dihasilkan oleh lidah bagian tengah dan langit – langit keras.
6.      Konsonan Dorso – Velar : [k] , [x] , [x] , dan [q].
Dihasilkan oleh belakang lidah dan langit – langit lembut.
7.      Konsonan Glotal / Hamzah : [?]
Dihasilkan oleh posisi pita suara sama sekali merapat sehingga menutup glottis.
8.      Konsonan Laringal : [h]
Dihasilkan dengan pita suara yang terbuka lebar sehingga udara keluar dan digesekkan melalui glottis.

Berikut adalah contoh penerapan lambang fonem dalam sebuah kata :

Huruf
Pelafalan
Contoh Kata
Lambang Fonetis
a
a
air
[a i r]
au
aw
kalau
[k a l aw]
ai
ay
intai
[i n t a y]
b
b
bukan
[b u k a n]
c
c
cara
[c a r a ]
d
d
damai
[d a m ai]
e
e
enak
[e n a ?]
e
ε
nenek
[n ε n ε?]
é
é
gedung
[g e d u Å‹]
f
f
formal
[f o r m a l]
g
g
gundul
[g u n d u l]
h
h
harap
[h a r a p]
i
i
indah
[i n d a h]
i
I
kering
[k e r  I Å‹]
j
j
Jumlah
[j u m l a h]
k
k
Kasih
[k a s i h]
k
?
Rakyat
[r a? y a t]
l
l
lama
[l a m a]
m
m
mandi
[m a n d i]
n
n
nanas
[n a n a s]
ny
ñ
nyanyi
[ñ a ñ i ]
ng
Å‹
barang
[b a r a Å‹]
o
o
obat
[o b a t]
o
O
tolong
[t c l c h]
oi
oy
amboi
[a m b o y]
p
p
pilih
[p i l i h]
r
r
rantai
[r a n t ai]
s
s
suara
[s u a r a]
sy
Å¡
syukur
[Å¡ u k u r]
t
t
taruh
[t a r u h]
u
u
ulir
[u l I r]
u
U
taruh
[t a r U h]
v
v
visa
[v i s a]
w
w
wanita
[w a n i t a]
kh
x
ikhwal
[i x w a l]
y
y
karya
[k a r y a]
z
z
ijazah
[i j a z a h]

Latihan pertama,
Sebagai latihan, saya sajikan beberapa kata dibawah ini. Kemudian isilah tabel disampingnya lambing fonem dari kata tersebut. Dengan catatan tanpa melihat buku, untuk menguji seberapa jauh pamahaman Anda tentang “fonem”.
No.
Kata
Lambang Fonem
1.
Merek

2.
Parang
[paraŋ]
3.
Parau
[paraw]
4.
Kembang

5.
Sengau
[seŋaw]
6.
Panggung
[paŋgUŋ]
7.
Panggul
[paŋgUl]
8.
Tanggul
[taŋgUl]
9.
Bedak
[beda?]
10.
Katak
[kata?]
11.
Sunyi
[suñi]
12.
Total
[tctal]
13.
Mereka
[merεka]
14.
Kerap
[kerap]
15.
Anggota
[aŋgcta]
16.
Tolong
[tclch]
17.
Tuan
[tuan]
18.
Biaya
[biyaya]
19.
Maksa
[ma?sa]
20.
Dongkol
[dcŋkcl]
21.
Tombak
[tcmba?]
22.
Kakak
[kaka?]
23.
Nenek
[nεnε?]
24.
Toko
[toko]
25.
Tokek
[tcke?]

Latihan kedua, untuk menambah pemahaman Anda. Saya berikan dengan versi yang berbeda.
Tulislah lambang fonem kalimat – kalimat berikut :
1.      Anak sulung pergi naik pesawat
2.      Adik bermain sepakbola dengan ayah
3.      Bocah itu menjalani rehabilitasi di Singapura
4.      Derasnya ombak laut menghantam pohon

Sebagai media pembelajaran, saya berikan juga jawabannya.
Latihan Pertama,
No.
Lambang Fonem
1.
[mεrék]
2.
[paraŋ]
3.
[paraw]
4.
[kémbaŋ]
5.
[séŋaw]
6.
[paŋgUŋ]
7.
[paŋgUl]
8.
[taŋgUl]
9.
[béda?]
10.
[kata?]
11.
[suñi]
12.
[tctal]
13.
[mérεka]
14.
[kérap]
15.
[aŋgcta]
16.
[tclcŋ]
17.
[tuan]
18.
[biyaya]
19.
[ma?sa]
20.
[dcŋkcl]
21.
[tcmba?]
22.
[kaka?]
23.
[nεnε?]
24.
[toko]
25.
[tcke?]

Latihan Kedua,
1.      [ana? suluÅ‹ pérgi naik pésawat]
2.      [adik bérmain sεpa?bcla deÅ‹an ayah]
3.      [oraÅ‹ itu méñjalani rεhabilitasi di SiÅ‹apura]
4.      [dérasña cmba? laUt méŋhantam pchcn]

Semoga penjelasan singkat saya di atas mampu memberikan pemahaman yang lebih kepada Anda. Jika ada salah saya mohon maaf, dan jika ada yang kurang jelas, saya sangat senang jika Anda mau bertanya melalui kolom komentar (di bawah). Terimakasih,

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puisi adalah salah satu bentuk ekspresi diri merupakan perwujudan dari pemikiran, perasaan, dan pengalaman seseorang yang diungkapkan melalui gaya bahasa yang indah atau pun tidak.
Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa sumber inspirasi puisi bisa datang dari sebuah gagasan (pemikiran), perasaan si penulis atau pengalaman pribadi si penulis. Dan bisa juga datang dari sebuah pengamatan terhadap suatu objek atau seseorang.
Berdasarkan penggolongan masanya, puisi dibedakan menjadi tiga yaitu puisi lama, puisi baru, dan puisi mutakhir. Pada materi kali ini, saya akan menyajikan tentang Puisi Baru.


Penjelasan Singkat Mengenai Puisi Baru :
Puisi baru berbeda dengan puisi lama. Puisi baru tidak terikat dengan berbagai aturan seperti halnya puisi lama (pantun, gurindam, dll). Sebagai perbandingan, dalam pantun (puisi lama) diharuskan terdapat rima, yaitu persamaan bunyi pada setiap baris. Dalam puisi baru, aturan tersebut tidak berlaku.
Perbandingan yang ke dua, diksi atau pilihan kata dan gaya bahasa, yaitu bahasa kiasan yang lazim digunakan dalam puisi. Dalam puisi baru pemilihan kata dan gaya bahasa tidak harus benar – benar diperhatikan. Karena puisi dengan bahasa yang sederhana pun bisa menjadi puisi yang indah, tergantung dengan pembawaan puisi tersebut. Namun ada pula orang yang mengatakan bahwa puisi yang bagus itu ibarat “rumah bata”. Makna dari puisi tersebut baru bisa kita peroleh jika kita benar – benar menghayati puisi tersebut. Berbeda dengan puisi ibarat “rumah kaca”. Akan sangat mudah menemukan maksud dari puisi tersebut. Dengan kata lain, puisi yang bagus adalah puisi yang mangandung makna tersirat. Itu merupakan anggapan bagi sebagian orang.

Untuk Menambah Pengetahuan Mengenai Puisi:
Berdasarkan pendapat Richards, Siswanto, dan Roekhan, unsur pembangun puisi ada dua, yaitu :
  1. Struktur Fisik
a.       Tipografi, yaitu perwajahan puisi atau bentuk puisi. Seperti halaman yang tidak dipenuhi kata – kata, tepi kanan – kiri, pengaturan barisnya.
b.      Diksi, pemilihan kata – kata yang digunakan penyair dalam puisinya.
c.       Gaya Bahasa atau bahasa figuratif, yaitu bahasa berkias yang dapat menghidupkan atau menambah efek dan menimbulkan konotasi tertentu.
d.      Imaji, yaitu kata atau susunan kata – kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan.
e.       Kata kongkret, yaitu kata yang dapat ditangkap dengan indera yang memungkinkan munculnya imaji.
f.       Rima, yaitu persamaan bunyi, baik di awal, di tengah, maupun di akhir baris puisi.
  1. Struktur Batin
a.       Tema, yaitu makna keseluruhan dalam puisi.
b.      Nada, yaitu sikap penyair terhadap pembacaannya.
c.       Rasa, yaitu sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisi.
d.      Pesan, yaitu maksud atau tujuan penyair membuat puisi.


Dan berikut ini, adalah puisi baru karyaku dan salah seorang teman sekelasku.

MALAM YANG DINANTI
Topik : Masalah
Oleh : Imam Zainudin / X.Bahasa STETSA

Mentari bergulir sepanjang hari
Cerah nian elok Sang Mentari
Pagi dan siang silih berganti
Hari – hari kujalani tanpa henti

Bekerja, bekerja, dan bekerja
Terjepit waktu
Bagai seekor kucing
Hendak menyebrang dari pulau beranjing
Ah. . apa nian yang bisa ia lakukan ?

Keluh, kesah, nyanyian merana
Hanya bisa
Terdiam, termenung, meronta dalam pikiran

Pikirku kembali,
Tapi apakah nasibku akan lebih baik daripada ini
Pikirku maju,
Tapi hatiku bagai keju dalam tungku
Leleh, meleleh tak berwujud

Sedetik tuk pejamkan mata
Berharap jadi seekor merpati
Yang mampu terbang bebas
Terbang, kemanapun ia suka
Apalah daya, malam tak pernah mengijinkan

Tetesan permata dari mata Sang Pujangga
Tak lagi tertahan derasnya ombak
Mangayun, mengalun, pecahkan karang

Lantas,
Haruskah ku berlari sekuat yang aku bisa ?
Haruskah kukubur diriku hidup – hidup ?
Atau Engkau memang membiarkanku hidup,
Tapi tidak benar – benar menjadi orang yang hidup

Kuputihkan keabu – abuan hati
Tuk jadi Ikan Penerjang Arus
Ya atau tidak
Hidup atau pun mati
Ya, tuk jadi Ikan Penerjang Arus

Putih,
Membuat malam menggantikan siang
Dan terik mentari telah padam


KETIKA
Topik : Kegalauan
Oleh : Imam Zainudin / X.Bahasa STETSA

Tanyakan pada siapa aku harus mengadu
Ketika semua mata angin menatap tajam kearahku
Tanyakan pada siapa aku bisa mendapat pertolongan
Ketika titik hujan menyerbu dari segala penjuru

Ketika sengat mentari menjalar ke sekujur tubuh
Dunia tak lagi nyaman untuk dipijaki
Langit tak lagi terlihat kokoh di atas
Bahkan gula tak semanis garam

Ketika api membakar hati
Tak serupiah pun berarti lagi
Ketika banjir datang kembali
Apakah tanah akan dibeli ?

Itulah bukti kuasa Ilahi
Tak kan ada yang bisa menjalani
Terkecuali bagi mereka yang taat dan berbakti



MALAM, AKAN TETAP MENJADI MALAM
Topik : Malam
Oleh : Imam Zainudin / X.Bahasa STETSA

Lama tertidur Sang Cahaya kehidupan
Berbalutkan formasi gula – gula pasir
Dekapan hangat rembulan purnama
Indah, hiasi atap tak bersangga

Tajam pisau malam mulai mengikis hati
Gulungan kapas pekat menjadi – jadi
Tikus – tikus nakal bergerilya
Gilas habis kucing rumah tak bertuan

Rag tak berinti gugur berjatuhan
Nilai diri tanpa arti
Besi jeruji? Siapa peduli
Resah tetangga tak terbendung lagi

Sang Cahaya lelap tertidur
Kegelapan tak akan terusik
Berlari tanpa henti, nafsu tak terobati
Malam, akan tetap menjadi malam



SAJAK PERKENALAN
Oleh : Ramanda Galang Briyantama / X.Bahasa STETSA

Aku adalah sebuah patung
Yang terkubur didasar palung
Ditutupi oleh dinding yang tebal
Tak bisa melihat apa-apa
Bergerak pun tak dapat

Hingga seekor duyung datang penasaran
Melihat patung terkurung disana
Ingin pergi, tapi tak tega
Ingin menolong pun tak bisa

Saat aku melihat seberkas cahaya
Ingin sekali ku menggapainya
Keinginanku sudah sangat membara
Tapi apa daya, tubuh tak bisa

Perlahan....
Perlahan....
Kukumpulkan tenagaku ini
Untuk mendobrak dinding penghalang
Untuk bisa keluar dari kurungan Keluar menggapai kebebasan
Bebas....
Bebas...
Aku ingin Bebas !

Dobrakanku begitu keras
Menghantam dinding hingga pecah
Dan akhirnya, Aku Bebas!

Sesampainya diujung cahaya
Kukerahkan seluruh sisa tenaga
Untuk berucap kepada sang duyung
“Hai, namamu siapa?”

Untuk menambah pemahaman Anda tentang Puisi. Cobalah untuk menganalisis keempat puisi diatas.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Assalamualaikum Wr. Wb!
Kali ini saya akan berbagi tentang Tajuk Rencana. Mungkin kedengarannya asing di telinga Anda, begitu pula yang saya rasakan ketika pertama kali mendengar kata itu saat pelajaran Sastra dan Bahasa Indonesia berlangsung beberapa minggu yang lalu. Tak masalah, itu berarti, ilmu yang baru akan Anda dapat setelah ini.langsung saja , semoga bermanfaat!

Tajuk Rencana / Editorial
Sebuah karya tulis dalam kolom surat kabar sebagai tanggapan redaktur teradap peristiwa yang hangat dibicarakan.
Tujuannya ialah untuk mempengaruhi pandangan pembaca mengenai peristiwa yang sedang dibicarakan.

Dibawah ini merupakan salah contoh tajuk rencana dalam bentuk video. Simak baik – baik!
Jika kita cermatidengan seksama. Pokok – pokok pembahasan dari tajuk rencana diatas memuat opini dari redaktur mengenai permasalahan yang dibahas serta memuat fakta – fakta yang sebenarnya terjadi dalam peristiwa di tajuk rencana tersebut. Jadi kesimpulannya, tajuk rencana memiliki ciri – ciri yaitu terdapat Fakta dan Opini.

Uraian singakat!

Fakta
Hal atau keadaan yang benar – benar ada dan terjadi. Setiap orang pasti memiliki kesamaan dalam pengamatan fakta. Fakta dapat dikelompokkan menjadi :

PENDAPAT
Orang ke3 menyebutkan bahwa orang ke2 berpendapat mengenai orang ke1
PENGAMATAN
Seseorang yang memperoleh sebuah informasi secara langsung (melihat peristiwa tersebut tanpa perantara)
KESAKSIAN
Orang ke3 melihat orang pertama melakukan sesuatu.

Opini
Perkiraan, pikiran, pendapat atau anggapan seseorang tentang suatu hal. Dapat berupasaran, kritik tanggapan, harapan, nasihat, atau ajakan.

Contoh!

Dari tayangan video di atas tadi, beberapa pokok pembahasan dapat dikelompokkan, sebagai berikut :

Pokok – Pokok Pembahasan
FAKTA
OPINI
1.     Rencana plesiran DPR ke China, Norwegia, dan Selandia Baru dengan dalih studi banding
1.     Akan lebih baik DPR memanfaatkan waktu sekarang untuk mengurangi kenaikkan BBM
2.     Kenaikkan anggaran 77%
2.     Suara rakyat suara Tuhan
3.     Kenaikkan anggaran dari 139,9 miliyar menjadi 298 miliyar
3.     DPR semestinya lebih lebar mendengar rakyat
4.     Agenda baru terus direncanakan, ironisnya pada saat rakyat mengecam hal itu
4.     Tak terhitung kecaman rakyat ke DPR karena plesiran DPR

Dan sekarang saya sediakan sebuah video editorial. Kelompokkan mana saja kalimat yang merupakan Fakta dan mana yang termasuk Opini!


Tuliskan jawabanmu di kolom komentar. Kita saling belajar.
Sekian ilmu yang dapat saya bagikan. Jika ada salah ataupun kurangnya saya mohon maaf. Dan saya sangat menghargai, membutuhkan dan mengharapkan kritik dan saran dari Anda. Terimakasih!
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Informasi sering sekali kita peroleh namun biasanya kita yang tidak memperhatikan dengan baik informasi tersebut, sehingga berakibat pada ketidaktahuan kita terhadap informasi di sekeliling kita atau bahasa gaulnya “kudet”.

Untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, maka kita harus selalu memperbarui informasi kita atau bisa dikatakan kita hidup sebagai si pencari informasi. Karena orang yang memiliki banyak informasi pasti mengetahui banyak hal dan memilki wawasan yang luas. Dan orang – orang seperti itulah yang banyak dicari dan disenangi oleh kalangan umum. Caranya :
-          Selalu update terhadap segala informasi yang berkembang di dunia

Hal itu menjadi sangat muda dewasa ini. Karena sudah berkembang dengan pesat berbagai teknologi yang menunjang penyebaran informasi di segala penjuru di dunia.
-          Peka terhadap lingkungan sekitar
Kita hidup tidak hanya dengan diri kita sendiri. Banyak yang terjadi di sekitar kita yang sangat menakjubkan atau bahkan tidak masuk akal namun menarik untuk diperhatikan. Banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil dari sana.
-          Buat diri kita untuk selalu membutuhkan informasi
Dengan mengaggap bahwa informasi adalah sebuah kebutuhan, maka kita akan selalu berusaha untuk mencari, mencari, dan mencari. Banyak tempat yang dapat kita jadikan sumber informasi. Sumber informasi diantaranya : TV, radio, Koran, buku, internet, dsb.

Setelah kita memperoleh informasi. Cara menyikapi sebuah informasi :

-          Jangan menelan mentah – mentah sebuah informasi
Jangan sampai kita salah mengartikan sebuah informasi, bisa merugikan orang lain jika menyangkut nama baik seseorang. Harus ada bukti nyata.

-          Mengambil hikmah
Kita harus mulai mendewasakan diri kita. Dengan selalu mencari sisi positif dari setiap kejadian. Walau kejadian tersebut bukan kejadian yang menyenangkan.

-          Memahami informasi yang ada
Jangan sampai kita banyak memperoleh informasi tetapi tak satu pun yang bisa dimengerti.
Untuk memahami sebuah informasi, sesuai dengan judul pada postingan kali ini. Kita harus mengerti apa yang menjadi pokok bahasannya atau isi informasinya. 

Sebelum menginjak pada materi tersebut terlebih dahulu sebaiknya saya paparkan bentuk – bentuk dari informasi :
1.       Berita
2.       Biografi
3.       Artikel
Dan sekarang ketiga bentuk informasi tersebut akan kita ulas bersama – sama.

BERITA
Sebuah bacaan yang berisi informasi untuk mengabarkan suatu peristiwa terkini. Cara untuk memahami informasi yang terkandung dalam berita dapat dilakukan dengan mengindentifikasinya. Menggunakan rumusan 5 W + 1 H, yaitu apa(what), siapa (who), kapan (when), dimana (where), mengapa / kenapa (why), dan bagaimana (how). Dengan menggunakan cara tesebut Anda akan lebih mudah untuk memahami isi dari informasi yang terdapat dalam sebuah berita.

Latihan !
Untuk melatih kemampuan Anda. Lakukan hal berikut :
Pertama, carilah sebuah berita baik melalui media elektronik maupun media cetak. Kemudian bacalah dengan cermat. Setelah Anda selesai membacanya, identifikasi isi dari berita yang telah Anda baca dengan membuat pertanyaan dengan rumusan 5W + 1H. Setelah itu, carilah jawaban pertanyaan yang telah Anda buat dari berita tersebut. Tahap berikutnya, jika Anda telah selesai mengisi semua pertanyaan yang Anda buat sendiri tadi. Mintalah bantuan teman atau orang tua Anda. Benarkah jawaban Anda atas pertanyaan mengenai isi berita tersebut? Jika hasilnya sempurna, berarti Anda telah mampu untuk mengidentifikasi atau memahami isi sebuah berita.

Di bawah ini adalah salah satu contoh berita. Dan sekarang cobalah untuk mengidentifikasi berita tersebut dengan menggunakan 5W + 1H (cantumkan jawabanmu di kolom komentar dan mari kita belajar bersama ^^)
"Dua arca Budha dari masa Kerajaan Sriwijaya yang berharga lebih dari Rp 10 miliar dilaporkan dicuri dari sebuah rumah di kawasan Adelaide Hill, sekitar setengah jam dari kota Adelaide, Australia Selatan.
Patung ini kabarnya ditemukan dalam penggalian di Pulau Kalimantan di tahun 1984.
Menurut keterangan polisi, kedua arca tersebut dilaporkan hilang setelah polisi mendatangi sebuah rumah di kawasan Ashton hari Rabu (13/11/2013) setelah alarm berbunyi di rumah tersebut.
Tidak seorang pun berada di rumah ketika polisi datang dan pintu depan sudah terbuka.
Kedua patung tersebut, setinggi 70 cm dan 95 cm berasal dari Jaman Sriwijaya, yang menguasai banyak wilayah yang sekarang menjadi Indonesia antara abad ketujuh sampai ke-13.
Menurut polisi, kedua patung itu bernilai antara 500 ribu dolar sampai 1 juta dollar (antara Rp 5 sampai Rp 10 miliar).
Dikatakan beberapa hari sebelum kejadian, sebuah mobil Ford Falcon terlihat di parkir di seberang rumah tersebut.
Tidak disebutkan mengapa seorang pemilik rumah di Adelaide ini bisa memiliki kedua arca yang berasal dari Indonesia tersebut."

Untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengidentifikasi berita. Saya berikan variasi latihan yang dapat Anda lakukan. 
Di bawah ini terdapat sebuah berita dalam bentuk video. Cobalah untuk menyimak baik - baik video tersebut. 
(Anda hanya boleh memutar video tersebut maksimal 2x)


Kemudian jawablah pertanyaan berikut : 
1. Apa isi berita tersebut?
2. Siapa yang diwawancarai dalam video tersebut dan berprofesi sebagai apa?
3. Berapa jarak tempuh yang ia lalui untuk mencapai tempat yang ia tuju?
4. Dimana peristiwa itu terjadi?
5. Kapan peristiwa itu terjadi?
6. Bagaimana ia menuju tempat yang ia tuju?
(jawab pertanyaan diatas di kolom komentar)

Video ke-2, lakukan hal yang sama seperti video pertama diatas!

(Anda hanya boleh memutar video tersebut maksimal 1x)
Jika Anda masih kurang puas, Anda bisa mencari berita dari sumber lain. Selamat berlatih!

BIOGRAFI
Sebuah bacaan yang berisi informasi mengenai seorang tokoh, prestasi tokoh tersebut, riwayat hidup, keistimewaan, sesuatu yang menarik dari tokoh tersebut, hal – hal yang dapat diteladani dan masih banyak lagi. Isi atau kandungan dari biografi itu tergantung dari si penulisnya. Baik itu hal – hal positif dari tokoh yang dibiografikan ataupun hal – hal negative seperti kritikan. Tetapi umumnya untuk biografi yang terdapat di Indonesia, hanya memuat hal – hal positif.

Perbedaan Biografi dengan Berita

Biografi berdasarkan pengalaman
Berita berdasarkan pengamatan
Biografi berasal dari masa lampau
Berita aktual
Biografi condong pada keistimewaan seseorang
Berita merupakan peristiwa
Biografi dapat diteladani
Berita sebagai wawasan

Cara mengidentifikasi atau memahami isi informasi yang terdapat dalam biografi dapat dilakukan seperti halnya pada bacaan berita. Menggunakan 5W + 1H. dan untuk melatih kemampuan Anda juga sama seperti di atas.
Di bawah ini adalah biografi salah satu tokoh terkenal di Indonesia dalam bentuk video. Silahkan Anda cermati baik - baik. (Anda hanya boleh memutar video tersebut maksimal 1x)


Setelah Anda melihat tayangan video di atas. Informasi apa yang dapat Anda ketahui?
Untuk menjawab pertanyaan terebut, jawablah terlebih dahulu pertanyaan berikut :
1. Bagaimana perjuangan Evan Dimas untuk menjadi pesepak bola profesional?
2. Apa harapan Evan Dimas untuk Indonesia?
3. Siapa nama lengkap Evan Dimas?
4. Dimana tanah kelahiran Evan Dimas?
5. Bagaimana tanggapan orang tua Evan Dimas?
6. Apa prestasi yang telah diraih oleh Evan Dimas pada video di atas?
7. Dimana seleksi diadakan?
8. Kapan Evan bergabung dengan klub MITRA SURABAYA?
9. Mengapa nama Evan Dimas menjadi gemilang?
10. Siapa lawan Indonesia dalam video tersebut?
(jawab pertanyaan diatas di kolom komentar)



ARTIKEL

Sebuah bacaan yang berisi informasi mengenai opini (pendapat) dan fakta. http://www.youtube.com/watch?v=xh7nlSwpy18